Cara Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah

Pendidikan karakter bagi seorang siswa sangat penting. Karakter seorang siswa akan menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang pelajar yang berpendidikan. Banyaknya karakter siswa yang saat ini tidak mencerminkan sikap seorang pelajar menjadi PR besar bagi para guru. Mirisnya lagi, bahkan dari tingkatan Sekolah Dasar sudah terbiasa menyebut teman dengan sebutan yang tidak pantas misalnya menyebut dengan nama hewan, ditambah lagi saat ini sudah marak sekali siswa SD yang mulai berani melakukan perbuatan asusila.

Banyak faktor yang membuat karakter peserta didik terbentuk tidak sesuai harapan. Hal ini menjadi sebuah persoalan dimana lunturnya nilai-nilai moral yang mengakibatkan terbentuknya karakter negatif dari peserta didik tersebut. Sejak lahir potensi karakter seseorang sudah melekat pada diri mereka, potensi ini lah yang harus terus dibina melalui wadah sosialisasi dan pendidikan sekolah. Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sudah di jelaskan bahwa pendidikan itu bertujuan mengembangkan bakat dan potensi peserta didik agar lebih beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak muliah, sehat, berilmu, cakap, kretif, mandiri, memiliki sifat demokratis dan bertanggung jawab.

Demi mengembangkan karakter dan potensi peserta didik tersebut, sekolah mengadakan berbagai macam program pendidikan yang bermanfaat. Menurut Saptono, ada beberapa cara mengembangkan karakter peserta didik agar menjadi siswa yang terpelajar dan berpendidikan, bersikap sopan dan memiliki keprobadian yang baik. Berikut informasinya.

1. Mensuport siswa didik untuk mengikuti program penghargaan dalam mengapresiasi berbagai macam bakat prestasi baik dalam bidang olahraga, akademi ataupun seni.
2. Memajang berbagai macam gambar toko inspiratif misalnya pahlawan agar mengasa kesadaran akan pentingnya perjuangan.
3. Mengundang wali murid untuk ikut berpartisipasi dalam mengamati kemajuan kelas atau sekolah.
4. Membuat pedoman contoh prilaku yang baik disekolah yang dosetujui oleh siswa dan guru.
5. Meminta siswa menyebutkan berbagai macam toko idola mereka dengan mempertanyakan alasan mengapa toko tersebut menjadi idola.

Masih banyak cara untuk membangun karakter peserta didik didalam dunia pendidikan. Namun yang terpenting adalah kesabaran para guru dan wali murid untuk mendidik mereka agar benar-benar menjaid pelajar yang memiliki nilai moral yang tinggi. Hal ini penting untuk masa depan mereka agar menjadi lebih baik ketika bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka.

Salah satu situs yang dapat menambah wawasan peserta didik untuk dunia pendidikan khususnya dalam bidang teknologi bisa kalian baca pada situs yang sudah kami sediakan dibawah ini.

https://tibuku.com

Itulah informasi mengenai Cara Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi para guru pendidik yang bingung mengasah karakter peserta didiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*