Temukan kayu Trembesi mulai dari warna hingga manfaatnya

Mungkin sebagian dari kita mengenal salah satu spesies asli ini, ya … kayu trembesi. Trembesi adalah pohon yang hidup di hutan tropis Indonesia. Pohon ini tersebar luas di pulau Jawa, Sulawesi, Sumatra, Nusa Tenggara dan sebagainya. Ini berarti bahwa pohon ini tersedia di seluruh pulau Indonesia. Jadi Anda tidak akan memiliki masalah menemukannya karena tersedia di berbagai daerah seperti pohon jati.

Pohon trembesi menghasilkan kayu, yang juga disebut sebagai kayu gambut atau di beberapa daerah sebagai pohon kayu Meh. Kayu ini memiliki kemiripan dengan jati yang digunakan, karena banyak digunakan dalam industri mebel di industri kayu. Ini berarti ada batas yang agak sempit antara trembesi dan spesies jati di pasar. Namun demikian, beberapa orang lebih suka jenis kayu ini daripada yang lain.

Kayu trembesi memiliki sifat seperti cokelat tua. Warnanya begitu dominan sehingga menonjol dari pondok. Gubal adalah pusat dari pohon kayu. Sari buah pada trembesi putih. Selain itu, Trembesi adalah kayu berat dengan berat rata-rata 0,6 jenis kayu.

kelebihan kayu trembesi

Industri kayu selalu diminati oleh banyak pengusaha karena terhubung dengan barang-barang rumah tangga yang selalu dibutuhkan. Selain itu, peralatan kayu lokal memiliki nilai yang tidak murah. Jadi tidak apa-apa kalau tahu manfaat kayu trembesi jenis ini.


1. Jenis kayu trembesi ini cukup tebal. Jadi jika Anda menginginkan meja setebal 3 cm, gunakan kayu jenis ini.

2. Memiliki serat alami yang tak kalah indah dari kayu ulin bekas. Untuk alasan ini, Trembesi ini lebih sering digunakan dalam produksi tabel yang ditandai oleh lebih banyak keindahan.

3. Tidak terlalu sulit, sehingga mudah dipahat. Padahal, Trembesi terkenal dengan kayu yang tidak terlalu sulit. Jika Anda ingin mempelajari cara membuat model, alangkah baiknya menggunakan Trembesi.

4. Lebih murah dari kayu jati. Jika Anda menginginkan furnitur luar ruang yang estetis namun tidak mahal, pilih saja yang didasarkan pada Trembesi. Atau jika Anda masih menginginkan furnitur jati untuk rumah Anda, menggunakan kayu jati tidak menjadi masalah. Selain harga yang lebih murah Anda pasti akan mendapatkan kualitas.

Kekurangan kayu trembesi

Tidak dapat dipungkiri bahwa spesies kayu ini baik dari segi serat. Untuk hal-hal lain, masih lebih buruk daripada hutan lainnya.

1. Trembesi tidak bisa bertahan lama. Ini bisa terjadi karena kayu ini sesuai dengan durasi kelas VI. Karena itu, perhatian khusus harus diberikan ketika membeli produk berdasarkan Trembesi.

2. Jika di atas, dikatakan bahwa Trembesi mudah diukir. Ini menunjukkan bahwa Trembesi bukan kayu yang kuat. Jenis kayu ini termasuk dalam kategori III ketahanan kayu.

3. Mudah dimakan rayap. Ini karena spesies ini tidak mengandung banyak minyak untuk menampung hama yang masuk. Namun, ini tidak berarti bahwa Trembesi mudah rapuh.

Penggunaan kayu Trembesi

Karena ketersediaan kayu tremesi yang tersebar luas di berbagai daerah, Trembesi sangat dapat diandalkan dalam pembuatan furnitur, bahan baku dan konstruksi, patung, hasil akhir yang mewah, dan pembuatan kerajinan kayu.

Khusus untuk industri mebel Trembesi sangat disukai karena bahan bakunya selalu siap. Ini memengaruhi para pengrajin yang tidak ragu-ragu membuat benda-benda lebih tebal. Jika ketebalannya memenuhi syarat, kayu itu tetap kokoh dan mempesona seperti kayu besi bekas, bahkan jika tidak memiliki Trembesi.

Banyak kayu Trembesi dijual sebagai produk setengah jadi dan barang jadi. Kisaran harga berada di kisaran Rp3,5 juta – Rp4 juta. Kisaran harga ini masih bisa dalam bentuk kayu atau sudah dalam barang. kayu suar setengah jadi biasanya dalam bentuk meja atau sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*